my insfiration

my insfiration

Senin, 24 Mei 2010

Wisata Bawah Air

Terumbu Karang Jelenga
Terumbu Karang Jelenga
Jajaran terumbu karang terbesar di sepanjang perairan pantai Sumbawa Barat, menunggu untuk dijelajahi.

Poto tano, pulau Kambing dan sekitarnya, Pulau Satu, Tanjung, Kertasari, Balad, jelenga, Teluk Benete, Balas-Pasir Putih, Lawar, Sekongkang, Senutuk dan banyak lagi lokasi lainya, menunggu para penyelam untuk mencumbunya.

Informasi lokasi penyelam Sumbawa Barat masih sangat minim dan terbatas. Dan ini artinya tantangan untuk berpetualang dan adu kenekatan. Karakter standar para penyelam yang selalu ingin selangkah lebih maju dari para pesaingnya.

Lawar
Lawar
Terumbu Karang Balad
Terumbu Karang Balad

Wisata Gua

Gua Mumber
Gua Mumber - lantai dasar dengan massa stalaktit dan stalagmit besar, sorotan cahaya adalah area pintu masuk
Desa Bangkat Monte di Kecamatan Brang Rea adalah lokasi konsentrasi utama gua-gua alam Sumbawa Barat. Tercatat belasan goa terbesar di lembah dan gunung disekitarnya dan yang paling penting besar dan terkenal adalah komplek Gua Mumber.

Komplek ini terdiri atas 2 gua besar yang berdampingan tetapi dengan posisi pintu masuk dari arah yang berlawanan.

Gua pertama berpola auditorium besar dengan ketinggian langit-langit mencapai 15 meter yang terdiri atas dua lantai massa ruangan.Lantai dasar yang relative datar danrata memiliki luas sekitar 3.000 m2.

Bidang dinding peralihan antar lantai relatif terjal dengan beda ketinggian 5-8 meter dipenuhi dengan stalaktit dan stalagnit. Lantai kedua memiliki permukaan tidak rata dengan bongkahan batu kapur dalam berbagai ukuran mendominasi.

Gua Serunga
Gua Serunga - Bagian dalam mengalami sedimentasi yang menutup sebagian besar ruang gua

Liang (Gua) Serunga dan Liang Kalela adalah goa alam yang dijumpai di kecamatan Jereweh, tepatnya di Desa Belo. Sebagaimana umumnya karakteristik gua, kedua gua ini menyerupai lorong memanjang yang cenderung menyempit pada bagian ujung dalamnya. Burung wallet adalah Fauna utama penghuni kedua gua ini.

Gua Kalela
Gua Kalela - Stalaktit dan Stalagmit mengawal kedua bidang dindingnya

Tradisi dan Budaya

Khitnan
Khitanan - Anak lelaki Sumbawa Barat dalam pakaian adat lengkap siap dikhitan

Sumbawa Barat dengan etnis Samawa sebagai penduduk utamanya memiliki ragam tradisi dan budaya yang khas.

Upacara perkawinan dan Khitanan, dengan rangkaian ritual yang kompleks dan menarik, merupakan bagian dari prosesi adapt-istiadat yang diwariskan generasi ke generasi tetap terpelihara dan dilestarikan di wilayah ini.

Begitu juga halnya dengan seni tari dan sendratari yang diiringi dengan gendang dan tetabuhan, pementasannya dirangkaikan dengan setiap prosesi adat istiadat yang dilaksanakan oleh masyarakat Samawa.

Tari Nuri
Tari Nuri - Empat orang gadis mementaskan tarian yang biasanya untuk menyambut tamu agung, diiringi tabuhan gong genang
Gong Genang
Gong Genang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar